Sunday, March 26, 2017

Pengertian, Ciri Khas, dan Contoh Seni Instalasi Secara Jelas

Pengertian Seni Instalasi

Seni instalasi (installation = pemasangan). adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.
Berdasarkan konteks visual seni instalasi adalah perupaan dengan wujud tiga dimensi dengan perhitungan elemen seperti waktu, cahaya, suara, ruang, gerak dan interaksi atau spektator atau pengunjung pameran sebagai konsep akhir dari oleh rupa.
Dapat dikatakan pula bahwa karya seni ini tampil secara bebas tidak menghiraukan pengelompokan cabang- cabang seni rupa ( seni lukis, seni patung, seni grafis, dan lain-lain).
Perkembangan seni instalasi dimulai pada tahun 1970 dan seniman memulai karirnya pada tahun 1980 sebagai pelukis. Sedangkan seni instalasi untuk lebih dekat dengan rakyat serta dapat mengenali problem mereka. 

Ciri Khas Seni Instalasi :

Secara Visual:
Secara fisik seni instalasi memiliki ciri khas yang dibentuk dari gabungan berbagai media yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang padu, sehingga akan membentuk kesatuan baru yang memiliki makna tertentu.
Secara Makna:
Makna yang terkandung dari seni ini merupakan hal-hal yang bersifat kontemporer dan juga mengandung kritik, sindiran atau keprihatinan atas peristiwa yang terjadi saat ini.
Meski akan menemukan banyak beragam jawaban mengenai siapa pencipta atau setidaknya, yang pertama kali membuat seni instalasi ini. Dapat kita simpulkan dari berbagai sumber diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Menurut Wikipedia
Menurut Wikipedia (Ensiklopedia Bebas) disebutkan bahwa Marcel Duchamp dengan karyanya yang berjudul Fountain pada tahun 1917, merupakan hasil seni instalasi pertama yang ada.
Memiliki nama lengkap Henri Robert Marcel Duchamp, seniman ini lahir di Perancis pada 28 Juli 1887 dan meninggal pada 2 Oktober 1968). Duchamp dikenal sebagai seorang pelukis, pematung, pemain catur, dan penulis, dimana karya-karyanya dikaitkan dengan kubisme, seni konseptual, dan Dada.
Duchamp bersama dengan dua orang seniman lainnya, yaitu Pablo Picasso dan Henri Matisse, dianggap sebagai seniman yang membantu untuk menentukan perkembangan revolusioner dalam seni plastik pada awal dekade 20.

Contoh Seni Instalasi :


Menatap Pintu Semesta, Karya Purjito



Download Materi untuk mengeprintnya :D : Download Materi Seni Rupa Instalasi
Oke teman-teman, cukup sekian dulu dari saya. Wassalamu'alaikum Wr.Wb



0 komentar:

Post a Comment